Stimulasi Tumbuh Kembang si Kecil Melalui Hobinya
Ala Mombassador SGM Eksplor
Agar Menjadi Anak Generasi Maju
Halo apa kabar bunda - bunda dan para sahabat Mombassador SGM Eksplor sekalian, apa kabarnya nih ? Semoga selalu sehat dan kuat dimanapun berada ya. Tak terasa ya semenjak pandemi kita hampir kurang lebih 3 bulan #DiRumahAja . Apa kabar si kecil, apakah selama di rumah menemukan hobi baru atau menekuni hobinya lamanya ? Nah, kali ini aku mau membahas bagaimana supaya dari hobinya itu kita stimulasi supaya si kecil menjadi Anak Generasi maju. Menarik bukan bahasannya ? Yuk langsung kita bahas aja 😄


Arti

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Dari sini kita bisa simpulkan bun, bahwa hobi adalah suatu kegiatan yang disukai si kecil yang dilakukan pada waktu luangnya serta dilakukan terus - menerus. Kebetulan nih, karena mungkin pada perilaku hidup new normal yang akan segera kita jalani, kita kemungkinan besar tetap menghabiskan/memilih melakukan kegiatan di rumah dan menghindari keluar ke tempat umum apalagi kerumunan orang. Ini merupakan saat yang tepat bagi kita orang tua untuk mengamati, menggali serta menstimulasi kegiatan apa yang jadi hobi si kecil. Ini merupakan salah sau cara mengasah kreativitasnya untuk bantu optimalkan potensi prestasi cerdas menjadi anak generasi maju.


Cara Stimulasi

Setelah kita tahu apa kegemaran kegiatan si kecil, barulah kita bisa dengan gampang mengarahkan serta menstimulasinya. Namun memang di usia balita s kecil rata-rata kegiatan yang disuka masih berubah-ubah, pun begitu yang terjadi kepada anaku. Kalau tips dari aku yaitu : apapun yang si kecil sedang sukai, kita support dan semangati. Kalau nantinya keterusan ya bagus, namun bila di tengah jalan berubah haluan pilih yang lain ya tida apa. Namanya anak balita memang dunianya dunia mengeksplorasi segala macam hal, tugas kita orang tua yaitu mengamati serta mengarahkan.
Salah satu kegiatan sebelum pandemi yang disukai Althaf : lomba ketangkasan

Seperti contoh kegiatan yang sedang ditekuni & disukai althaf saat ini diantaranya : mewarnai, gymnastic, berenang, perisai diri, robotik dan lainnya. Nah dari sekian hal yang dia sukai aku pilih beberapa yang benar-benar ada potensi serta kedepannya bagus untuk di seriuskan. Dan sisanya masih free play aja alias suka-suka anaknya tetapi masih diawasi serta diarahkan oleh bundanya. Beberapa pernah bundanya ikutkan lomba seperti lomba mewarnai, lomba ketangkasan dan lainnya. Meski belum pernah sampai meraih juara utama, setidaknya pernah satu kali lomba mewarnai meraih posisi peserta favorit. Bagiku sebagai bundanya, prestasi merupakan bonus yang penting anaknya menikmati dan bisa berprestasi. 
Latihan mewarnai di rumah
Tips ala Bunda Phuss

Ayo amati bunda dan cari apa hobi si kecil lalu kita kembangkan agar menjadi potensi prestasi cerdasnya. Agar menjadi Anak Generasi Maju penerus kita dan bangsa ini yang berprestasi luar dalam. Nah sekalian nih, aku ingin berbagi ebberapa tips ala aku Bunda Phuss. Kalau tips ala saya diantaranya :
  1. Amati keseharian si kecil, apa yang sedang disukainya. Apakah dilakukan terus-menerus.
  2. Bila sudah menemukan beberapa kegiatan yang disukai, coba arahkan agar lebih serius.
  3. Kalau belum nemu apa hobinya, jangan bosan kita sebagai bundanya untuk mencari serta mencoba berbagai kegiatan yang positif.
  4. Ikutkan klub agar lebih terarah



      5. Dukung & arahkan terus si kecil. Bisa dengan ikutkan dia berbagai lomba, misal.    
     6.Berikan pendampingan & pengertian di setiap kegiatannya selain sekolah. 
     7. Berikan tantangan - tantangan, naikan bila perlu.           
     8. Pastikan asupan gizi yang lengkap serta seimbang dari makanan & minuman.
   
Selain mengasah hobi untuk tumbuh kembang Potensi Prestasi si kecil, bahwa memberikan asupan nutrisi yang baik dan bergizi seimbang untuk keluarga terutama si Kecil merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Aku selalu pastikan untuk bantu lengkapi kebutuhan harian si Kecil selama berpuasa maupun di hari biasa denganmemberkan susu SGM Eksplor minimal 2x sehari (saat sahur dan berbuka puasa jika waktu bulan ramadan). 
Minum susu SGM Eksplor sebagai pelengkap gizi hariannya
Di masa pandemi seperti ini makanan (& minuman) yang dikomsumsi haruslah bervariasi sehingga kebutuhan zat gizi tetap terpenuhi imbuh dr.Dian Permatassari di salah satu Kulwhap mombassador yang lalu. Tips lainnya dari dr.Dian antara lain : memperbanyak komsumsi sayur mayur & buah-buahan. Bila bahan pangan segar sulit didapatkan, maka dapat diganti dengan bahan makanan dalam kemasan. Lalu menyimpan kudapan sehat (misal : buah potong, yoghurt, kacang2an, dll). Mengurangi/membatasi makanan siap saji karena sebagian besar mengandung lemak jenuh, gula dan garam tinggi. Bila semua itu terpenuhi, maka si kecil daya tubuhnya akan meningkat dan terjaga. Bila sudah seperti itu niscaya kita sekeluarga akan selalu sehat-kuat-serta bahagia. Itulah manfaat nutrisi yang baik disaat masa pandemi virus seperti saat ini. Semoga bermanfaat beberapa tips ala aku ya bunda-bunda sekalian. Aku yakin qo, bunda-bunda di luar sana pasti sudah lebih maju dan kreatif dalam menstimulasi perkembangan anaknya. 
Berhasil menyelesaikan lomba ketangkasan
Hobi sudah distimulasi, gizi harian terpenuhi. Terakhir jangan lupa pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan diri sekeluarga di rumah ya bunda. Sebagai penutup bunda bisa mengunjungi  website SGM atau menghubungi Careline SGM di nomor 0800 1 360 360  juga bisa via email careline SGM agar tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi, pola hidup sehat dan tumbuh kembang si Kecil (yang ada kaitannya dengan berita coronavirus).  Oya bisa di follow dan di like juga akun Facebook SGM juga Instagram SGM ya bunda. Selain itu bunda juga bisa dapatkan banyak informasi tentang beragam topik seperti kesehatan anak, nutrisi serta tumbung kembang anak. 
Salam buat semua bunda - bunda juga si kecil serta keluarga di rumah ya.
Semoga kita semua selalu sehat dimanapun berada meski masih situasi pandemi.
Terakhir tidak lupa aku ucapkan selamat hari lebaran 1441 Hijriyah.
Semoga semua amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kembali dibarukan setelah hari yang fitri ini.
Aamiin. 


#SGMEksplor  
#BersatuDanKuat  demi  #GenerasiMaju  
#MombassadorSGMEksplor 
#PoinPrestasi   #lovely_phuss

No comments:

Post a Comment

 [Review] W ajah cerah berkat Pond's Triple glow Serum & Triple Glow Sheet Mask Dududu,,siapa sih yang gak kepengen kulit wajah cera...